Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Diduga Oknum Pegawai SPBU Nakal, Mobil Pribadi Belanja Solar Subsidi Wadah Puluhan Galon Mineral di SPBU 34-421-29 Gabus





Serang, -- Satu unit mobil minibus pribadi jenis Xenia dengan nomor plat A 183* XH berwarna merah marun terpantau sedang melakukan pembelian BBM bersubsidi jenis Bio Solar kedalam wadah Air mineral sebanyak 10 galon di SPBU 34 421 29 Gabus, Jalan Raya Serang Rangkasbitung, Desa Gabus, Kopo, Serang. Kamis (2/5/2024). 


Saat hendak dikonfirmasi pengemudi xenia langsung terburu buru pergi, sementara pengawas SPBU Nur, mengatakan sudah mempunyai surat izin untuk pertanian, " Sebenarnya itu harus pakai jerigen, jadi mungkin mereka tidak ada jerigen jadi pengganti nya Galon, pengisian juga tidak isi seisinya saja harus ada surat rekomendasi dari SKPD Disperindag dan Poktan setempat," kata Nur. 


Nur bahkan mengatakan yang melakukan pembelian Bio Solar dengan mobil minibus dengan nomor plat tersebut sudah ada file barcode nya. 

"Kalau yang Mobil membeli tadi sudah ada file dari barcode biasanya di dalam dashboardnya," ujar Dia. 


Dalam penjelasan nya, surat izin untuk pembelian solar pertanian hanya berlaku untuk tiga bulan, hanya saja Nur tidak dapat menunjukkan surat izin rekomendasi pembelian solar dengan plat nomor mobil yang melakukan pembelanjaan tersebut dengan dalih operator sudah ganti shif. 


"Setiap pembelian kan ada operator selalu cek, ya tadi ada, tapi dengan mobil dan plat nya Saya gak tahu, operator yang tahu tapi sudah pulang," tukasnya. 


Dengan beberapa dalih yang disampaikan Pegawai SPBU tersebut diduga banyak kejanggalan, yang pertama tidak dapat menunjukkan surat izin pembeli saat ditanyakan, kedua tidak mengetahui plat nomor pembeli dengan operator sudah kembali, padahal semestinya jika sudah resmi adanya surat izin, tentu data dan barcode nya sudah ada dalam arsip mereka, sehingga patut diduga adanya Oknum Pegawai SPBU yang bermain dengan oknum penyalahgunaan BBM Bersubsidi. 


Perlu diketahui, Pada Januari tahun 2024, Polda Banten telah berhasil mengungkap 11 Kasus penyalahgunaan BBM Bersubsidi  salah satunya modus mempunyai surat izin rekomendasi dari dinas terkait.(Red)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *