Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Kabel Grounding BTS Dicuri Menjebol Kawat Berduri





Kab.Tangerang || Kabel Grounding adalah  jalur kabel instalasi listrik pada sebuah bangunan yang ditanam ke dalam tanah. Keberadaannya sangat penting karena bisa menurunkan kemungkinan adanya gangguan pada sistem kelistrikan terutama ketika ada sambaran petir.


Namun yang terjadi Kp Cilukun Desa Cisoka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang, kabel tersebut dibobol maling  Senin 29 Januari sekitar pukul 01 -04 dini hari.

(Minggu 04/02/2024).


Dalam melancarkan aksinya, maling tersebut memotong kawat berduri sebagai pengaman pagar BTS tersebut. Dan maling tersebut memutus kabel grounding yang aktif sebagai penghubung dari panel ke Busbar.

Busbar merupakan konduktor yang terbuat dari plat tembaga atau alumunium. Umumnya benda ini memiliki bentuk persegi panjang atau tabung dengan tingkat ketebalan berbeda-beda. Busbar sendiri berguna sebagai penghantar energi listrik sekaligus mengatur sistem masukkan dan keluaran dari panel listrik.


Dari penuturan salah satu pekerja yang hendak memasang perangkat, yang tidak menyebutkan namanya menuturkan " Ada dugaan pencurian ini dilakukan oleh orang yang sengaja iseng dan sabotase. Karena kalau mengacu pada nilai barang, hasil curian kabel grounding itu walau pun tembaga itu tidak akan dapat uang banyak, karena cuman sedikit yang diambilnya" Tuturnya.


Santo salah satu pekerja yang hendak memasang perangkat juga menambahkan " Memang pencurian itu telah mengambil kabel grounding, walau tidak seberapa nominalnya namun berdampak pada saluran pengamanan saluran listrik tersebut. Sejauh ini belum ada yang melaporkan terkait masalah ini ke pihak berwajib " Jelasnya.


(Taswan)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *