Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Mewujudkan Bogor Menjadi Daerah Hijau, Mahasiswa UBK Laksanakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Desa Susukan Kecamatan Bojonggede

BOGOR, JABAR, -- Dalam rangka menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan mengabdikan kepada masyarakat. Universitas Bung Karno melakukan pengabdian masyarakat di Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023). 


Kegiatan yang berlangsung di ruang pertemuan Kantor Desa Susukan ini, diikuti masyarakat Desa Susukan, bersama Kepala Desa Susukan M.Irfan Syahrizal diwakili Kasi Kesra Muhammad Iqbal dan perangkat Desa Susukan. 


Adi Darmawansyah SH., MH., CLA, Kaprodi Ilmu Hukum Universitas Bung Karno menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 



Adi menuturkan, tidak hanya kalangan dosen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga diikuti mahasiswa. Dipertemuan perdana kali ini, ikut mahasiswa Ilmu Hukum. 


Dalam kesempatan yang sama Syamsu Marlin ST., MT., Kepala Bagian Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Bung Karno menyampaikan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan bisa berdampak positif terhadap masyarakat.  


Tema pengabdian masyarakat kali ini bertajuk Universitas Bung Karno: Mewujudkan Bogor Menjadi Daerah yang Hijau dan disupport oleh PT Mountrash Avatar.


Gideon Wijaya Ketaren, CEO PT Mountrash Avatar menuturkan, kesadaran masyarakat terhadap lingkungan harus dibangun. Masyarakat musti sadar, lingkungan kotor dan tercemar, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Sebab, makanan dan minuman yang mereka dikonsumsi sudah cemar limbah. 

“Oleh sebab itu, kita harus menciptakan lingkungan bersih. Bukan hanya untuk diri kita. Lingkungan bersih, bebas limbah, musti diberikan pada generasi mendatang,” pungkas Gideon. 



Masih kata Gideon, bila dikelola dengan baik. Limbah bisa menghasilkan uang. Memberikan nilai tambah ekonomi kepada masyarakat. Mountrash Avatar akan membantu, dan memfasilitasi masyarakat cara mengolah limbah bernilai ekonomi.


Hal serupa disampaikan Utami Yustihasana Utoro SH., MH, Dosen Penggerak Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bung Karno, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. 


“Kita melakukan sosialisasi tentang bahaya limbah rumah tangga. Karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, dan merusak lingkungan. Ini musti sampaikan kepada masyarakat,” terang Utami, dosen Ilmu Hukum Universitas Bung Karno.


Dalam kegiatan itu, Agnes Yunies Lekahena sebagai ketua panitia pelaksana pengabdian masyarakat  bersama 27 Mahasiswa/i Prodi Ilmu Hukum dari UBK disertakan ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 


Tak ketinggalan, ucapan terimakasih disampaikan oleh Panitia kepada Ibu Rohimah Nisa yang telah menghubungkan UBK dengan pemerintah Desa Susukan.(Red)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *