Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Kapolres Patroli Rumah Kosong saat Ditinggal Mudik di Tangerang, Simak Himbauannya






TANGERANG -- Kepolisian Resort (Polres) Metro Tangerang Kota melakukan kegiatan pengamanan rumah kosong (rumsong) yang ditinggal pemiliknya mudik dengan menggencarkan patroli Harkamtibmas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.


Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama periode mudik dan lebaran. Polri berharap masyarakat dapat dengan tenang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dengan perlindungan Polisi.


Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjelaskan, bahwa patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi tindak kejahatan selama musim mudik dan lebaran tahun ini. 


"Kami dari Polres Metro Tangerang Kota, melakukan patroli dengan mengunjungi posko-posko keamanan. Tujuannya untuk menghimbau dan mengingatkan kepada para tenaga keamanan agar lebih waspada selama bertugas,"  ujar Zain saat melakukan patroli di komplek perumahan Tangerang Indah, River Side Cisadane. Senin, (8/4) sore.


Ditambahkan Zain, personil yang berpatroli juga melakukan dialog dengan petugas keamanan dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan. Termasuk waspada terhadap pelaku kejahatan melakukan penyamaran, seperti mengaku-ngaku sebagai ojek online mengantar makanan (go food), petugas PAM, maupun petugas PLN, termasuk mengaku angkutan travel.


"Jadi, kami (polisi) minta para tenaga keamanan agar mengetahui rumah warga mana saja yang di tinggalkan mudik. Kita juga sarankan untuk terapkan "one gate system" atau keluar masuk melalui satu pintu," terangnya.


Kapolres mengaku, pihaknya melalui bhabinkamtibmas yang ada di tiap lingkungan sudah mendata dan memetakan wilayah pemukiman yang banyak ditinggal mudik penghuninya. 


"Semua sudah kelompokan, dan dari pengelompokan itu baru kita fokuskan patroli secara berkala. Dalam pelaksanaan patroli ada titik-titik singgung antara patroli Polsek dengan patroli polres," terang Zain.


Seperti diketahui, dalam melayani dan melindungi masyarakat di lebaran Idulfitri 1445 hijriah saat ini, Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya telah menjalankan program titip kendaraan di kantor Polres maupun Polsek jajaran.


Sementara, Edy Setyobudi, salah satu warga Perumahan Tangerang Indah, River Side Cisadane mengaku surprise dan berterimakasih telah dikunjungi langsung oleh Kapolres untuk berpatroli dan memberikan imbauan Harkamtibmas.


"Tadi kami (Warga) diingatkan terkait sistem pengamanan rumah-rumah warga yang kosong ditinggal mudik. Di liburan hari raya juga kita juga akan meninggalkan rumah untuk bersilaturahmi. Security komplek ini juga sudah diarahkan untuk lebih waspada dan hati-hati terhadap orang yang tidak di kenal," tuturnya.


Pada giat kunjungan tersebut, Kapolres juga memberikan bingkisan buat para tenaga keamanan, babinkamtibmas dan babinsa yang bertugas di wilayah tersebut guna lebih semangat dan fokus dalam mengamankan lingkungannya.(*/Red) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *