Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

KBK Telekomunikasi Departemen Teknik Elektro Unand Melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Mushalla Al-Mahira Aie Pacah Padang


Padang, Sumbar, -- Dalam rangka mengimplementasikan salah satu tri dharma perguruan tinggi, yaitu bagaimana transfer ilmu dan teknologi pada masyarakat, maka tim dosen  KBK Telekomunikasi Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Mushalla Al-Mahira Aie Pacah, Padang, pada tanggal 26 November 2023 lalu.

Lokasi tersebut dipilih karena sebelum kegiatan dimulai, tim pengabdian KBK Telekomunikasi terlebih dahulu melakukan survei disana, dimana tempat tersebut akan direncanakan melaksanakan kegiatan pengabdian. Tempat ini dipilih karena Mushalla Al-Mahira Aie Pacah masih belum memiliki teknologi yang berbasis android khusus nya TV Android. Salah satu penerapannya pada aspek pendidikan adalah membantu kelancaran aktivitas pembelajaran melalui media TV android diberbagai channel youtube.

Sementara itu, pada aspek sosial dapat dilihat pada perubahan interaksi kelompok masyarakat dalam memberikan dakwa atau tausiah yang beralih dari ceramah secara konvensional dengan materi kurang update menjadi dakwa yang terupdate dari berbagai sumber alquran dan hadist dari pendakwa yang memiliki pengetahuan yang berbasis dari alquran dan sunnah Rasullah. Bahkan, pada aspek keagamaan yang mana penyebaran syiar keagamaan saat ini sangat berkembang dengan keberadaan media  sosial dan platform audio dan video sharing.

Selain penyebaran syiar keagamaan, pemanfaatan teknologi telekomunikasi dan multimedia pada rumah ibadah juga sangat berkembang. Mulai dari hal sederhana seperti perkembangan teknologi pengeras suara yang mampu mengahasilkan kualitas suara yang baik dan natural, penggunaan papan pengumuman digital yang dikendalikan secara nirkabel, hingga penerapan konsep Internet of Thinks (IoT) pada rumah ibadah guna efisiensi dan kenyamanan jamaah pada rumah ibadah tersebut sampai kepada penggunaan TV android sehingga persoalan dari mitra dapat diatasi.

Oleh karena itu kami dari tim pengabdian pada masyarakat dari KBK Telekomunikasi Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Unand terdorong ingin mengadakan pelatihan dan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan multimedia di Mushalla Al-Mahira Aie Pacah tersebut.

Teknologi komunikasi dan multimedia yang kami terapkan di  Mushalla Al-Mahira Aie Pacah adalah berbentuk TV berbasis android sebagai media Dakwa di Mushallah tersebut. Pelatihan ini memberikan transfer ilmu kepada masyarakat  tentang bagaimana cara mengupdate dan mencari berita dakwa yang sesuai dengan sunnah Rasulullah, melalui aplikasi di TV android, masyarakat disana sangat senang dan sekaligus menyampaikan pesan kalau dapat KBK Telekomunikasi dari Departemen teknik Elektro fakultas teknik Unand, jangan hanya sekali ini saja mengadakan pelatihan di Mushalla kami, tetapi kalau bisa diagendakan secara reguler disetiap tahunnya.

Baharuddin MT, Dosen Tehnik Elektro 
Fakultas Teknik Universitas Andalas

Ketua Mushalla Al-Mahira Aie Pacah Bapak  Jaenal, menyambut baik kedatangan tim pengabdian dari KBK Telekomunikasi Departemen Teknik Elektro Universitas Andalas. Mereka mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan tim dosen dari KBK Telekomunikasi Teknik Elektro Universitas Andalas. Kami berbaur dengan masyarakat disekitar  Mushalla Al-Mahira Aie Pacah, bersama sama memasang TV Android serta memberikan cara bagaimana mencari berita di youtube melalui jaringan internet yang tersedia.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa warga masyarakat di sekitar Mushalla Al-Mahira, Tim Pengabdian dari KBK Telekomunikasi serta Dosen dosen dari KBK lain di Jurusan Teknik Elektro dan juga sambutan dari ketua Mushalla Al-Mahira, yang memberikan apresiasi adanya kegiatan ini, karena Tim dosen dari KBK Telekomunikasi sangat banyak  memberikan edukasi terkait pemanfaatan teknologi TV yang berbasis android, ujar Pak Jaenal dalam sambutannya. 

Tim yang diketuai oleh Baharuddin, MT ini melakukan survei sebelum melaksanakan pengabdian pada  masyarakat di Mushalla Al-Mahira Aie Pacah. Dalam survei yang kami lakukan, kami dari tim pengabdian masyarakat melihat langsung kondisi yang ada disekitar Mushalla tersebut. Kami mencoba berdiskusi dengan ketua dan warga masyarakat disekitar Mushalla Al-Mahira tersebut, kemudian menanyakan ke warga, yang diwakili oleh ketua Mushalla Pak Jaenal, apa kendala yang sangat dirasakan oleh pengurus Mushalla dalam beraktifitas di sini, mereka memberikan jawaban kepada kami dari tim Pengabdian, kalau dapat kami mempunyai teknologi TV berbasis android, agar pendidikan yang ada di Mushallah Almahira, dapat lebih berkualitas, baik pendidikan untuk anak anak TPA (Taman Pendidikan Alquran) maupun masyarakat dewasa yang ingin mendengarkan ceramah agama dari sumber youtube melalui TV android, ujar Jaenal sebagai wakil dari warga masyarakat di sekitar Mushalla tersebut.

Baharuddin, MT dan tim KBK Telekomunikasi Departemen teknik Elektro Unand memberikan materi dan pelatihan bagaimana cara penggunaan TV berbasis  Android ini. Mulai dari cara menginstal aplikasi TV, cara mencari berita, sampai kepada pemanfaatan TV android dengan berbagai input yang dapat diakseskan oleh TV Android tersebut

"Kami mecoba mengevaluasi sejauh mana warga dapat memahami dan mengerti cara mengupdate informasi ini. Kami mendampingi warga didalam mengeksplor menu yang ada didalam aplikasi TV berbasis Android, bahkan kami lakukan berkali kali sampai warga masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut mahir dan lancar. Kami bersyukur  warga  tidak bosan  bertanya mulai dari update berita sampai merubah dari input yang satu ke input yang lainnya didalam aplikasi yang tersedia pada TV android tersebut.  Itu semua materi kami berikan dalam pelatihan ini,"jelas Baharuddin MT. 







Menyambung perihal keberlanjutan Pelatihan pemanfaatan teknologi TV android dan implementasinya, dosen-dosen dari KBK telkom semuanya aktif dalam pelatihan ini, bahkan setiap warga didampingi satu persatu dalam pelatihan tersebut. Adapun dosen dari KBK telkomunikasi yang hadir saat itu adalah Rudy Fernandez, MT, Hanalde Andre, MT, Prof Ikhwana serta Muhammad Luthfi, MT. Dosen-dosen tersebut turut berbagi cerita dengan masyarakat dalam mengimplementasikan dari teknologi yang kami berikan di Mushalla Al-Mahira tersebut. Sebagai penutup, kami dari tim pengabdian masyarakat dari KBK Telekomunikasi, menyampaikan bahwa jika ada masalah dengan Penggunaan cara mencari berita di TV Android yang terkait dengan youtube, nantinya kami bisa dihubungi melalui pesan WA Group pengabdian KBK Telekomunikasi.

Selanjutnya, diskusi bersama warga yang dipandu oleh Bapak Andre, M.T. berlangsung cukup hangat. Beberapa ide didapatkan oleh warga setelah mendengarkan pemaparan dari tim dosen KBK Telekomunikasi Teknik Elektro Unand tersebut, Diantaranya, Permasalahan yang dihadapi oleh Pengurus Musholla sebagai berikut: Para jamaah berkeinginan mendapatkan media informasi melalui youtube dengan teknologi android.Para jamaah masih kekurangan bahan dakwa, dan mencari dakwa mana yang berdasarkan sunnah, melalui perangkat android seperti Televisi android.Para Jamaah sangat mengharapkan informasi tentang isi dakwa mana yang benar melalui mesin pencari di youtube, sehingga dengan adanya TV android yang terkoneksi pada jaringan internet, dapat menyelesaikan masalah yang diinginkan oleh para jamaah, khususnya di Mushalla Al-Mahira. Kemudian kami dari KBK Telkom memberikan solusi yang ditawarkan adalah :Pemanfaatan Perangkat TV android, dan mengajarkan bagaimana cara menggunakan perangkat TV pada channel youtube. Memanfaatkan berbagai sumber pencarian materi dakwa pada channel youtube, mana yang berdasarkan sunnah, dan mengajarkan kepada para jamaah bagaimana pencarian jika menggunakan TV yang berbasis android.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada pengurus mushallah  mengenai pemanfaatan teknologi TV android didalam mengoptimalkan mesin pencari media dakwa yang berdasarkan sunah dan mana dakwa yang bukan sunnah, sehingga pengetahuan para jamaah dapat bertambah dan iman para jamaah juga menjadi meningkat. Kami juga menyampaikan kepada pengurus Mushalla Al-Mahira, bahwa kami sangat terbuka dan siap membantu jika ada masalah dengan alat yang kami berikan, kami siap di telepon kapan saja," pungkasnya. 

"Alhamdulillah warga masyarakat di Mushalla Al-Mahira sangat senang dan bahagia dengan kedatangan kami mengadakan pelatihan di sana. Pelatihan yang telah dilaksanakan ini benar benar terjadi transfer ilmu dan teknologi dengan mudah dipahami dan dimengerti oleh warga masyarakat disana, Sehingga dengan pelatihan yang telah kami berikan pada masyarakat di sekitar mushalla Al Mahira, kami dari tim Pengabdian KBK Telekomunikasi  telah melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan tinggi ini," tutup Dia. 


Kegiatan ini diakhiri dengan dengan pemasangan TV Berbasis Android di dalam mushallah dan di ujicobakan pada setiap peserta yang hadir didalam pelatihan tersebut.(Rio) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *