Berita Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.

Seminar Pendidikan PGSD FKIP Undhari: Peluang dan Tantangan Mentransformasi Pendidikan dalam Menghadapi Era Society 5.0




Dharmasraya --  Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) menggelar Seminar Pendidikan sebagai salah satu rangkaian kegiatan PGSD FKIP Undhari Fair 2023 dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Seminar pendidikan ini digelar dengan mengangkat tema "Peluang dan Tantangan Mentransformasi Pendidikan dalam Menghadapi Era Society 5.0" di Dara Jingga Convention Center (DJCC) Undhari pada hari Sabtu, (20/05/2023).


Hadir sebagai pemateri Dr. Estuhono, M.Pd., dosen PGSD FKIP Undhari, Ketua LPMI Undhari, sekaligus pendiri Yayasan Pandu Ilmi Persada, dan Alumnus PGSD FKIP Undhari Trian Abadi Rahman, S.Pd. guru inovatif Kabupaten Dharmasraya yang terkenal dengan inovasinya yaitu New Class. Turut hadir Wakil Yayasan Amanah Ampang Kuranji, Andisa Putra, S.IP. Dt. Mangkurajo, Rektor Undhari Dr. Gunawan Ali, M.Kom., Wakil Rektor I Wulan Andang Purnomo,M.Kom, Wakil Rektor III Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., Wakil Dekan FKIP Undhari Dian Novri Asmara, S.Pd.,M.Si., Ketua Program Studi (Kaprodi) PGSD Sonia Yulia Friska, M.Pd., dan dosen se-lingkungan FKIP Undhari, serta mahasiswa se-lingkungan FKIP Undhari.



Pada sambutannya, Wakil Dekan FKIP Undhari, Dwi Novri Asmara, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Kaprodi dan Pembina HIMA Prodi PGSD beserta seluruh mahasiswa FKIP Undhari yang telah menyukseskan serangkaian kegiatan PGSD FKIP Undhari Fair 2023 dengan Seminar Pendidikan ini sebagai puncak acaranya. 


Seminar ini dibuka secara resmi oleh Rektor Undhari, Dr. Gunawan Ali, M.Kom. Dalam sambutannya, Gunawan menyampaikan bahwa era society 5.0 lahir di Jepang pada tahun 2019 untuk mengantisipasi agar sisi kemanusiaan tidak tergerus dengan invasi era 4.0 yang penuh dengan keraguan dan ketidakpastian. Kita harus mampu beradaptasi dengan teknologi yang diiringi dengan keterampilan abad 21 yang harus kita kuasai.


"Yang membedakan era society 5.0 dengan revolusi industri 4.0 adalah sudut pandangnya, di era society 5.0 ini kita harus menyeimbangkan antara teknologi dan cara pengimplementasiannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak inovasi yang dapat dikembangkan dan dapat dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan, salah satunya smart classroom. Dan smart classroom ini sebentar lagi akan kita uji cobakan di Undhari" ungkap Gunawan.


Wakil Rektor III Undhari, Dr. Amar Salahuddin, M.Pd. yang juga bertindak sebagai keynote speaker, juga mengapresiasi HIMA Prodi PGSD FKIP Undhari telah berhasil melaksanakan kegiatan yang mampu mengasah hard skill dan softskill mahasiswa. "Di era society 5.0 ini, banyak tantangan yang harus dihadapi lembaga pendidikan, guru harus belajar dan berbagi, melalui platform merdeka mengajar, program guru penggerak, kampus mengajar, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para guru, dan saat ini diadakan program kampus mengajar yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas sekolah di bidang literasi dan numerasi" tutur Amar.


"Tantangan pendidikan di era society 5.0 ini adalah bagaimana kita harus bisa menghasilkan generasi yang berkualitas dengan pendidikan berbasis kompetensi yang memanfaatkan teknologi baik berupa Internet of Thing (IoT), dan juga pengaplikasian kecerdasaran buatan atau Artificial Intelligence (AI), pemanfaatan Big data, dan hasil dari perkembangan teknologi lainnya untuk menciptakan generasi yang berkualitas itu sendiri" tambahnya.


Selanjutnya materi pertama dalam seminar pendidikan ini yaitu "Kompentensi dan Keterampiln Abad 21 Bagi Calon Guru dalam menghadapi Era Society 5.0” yang disampaikan oleh Dr. Estuhono, M.Pd. Materi kedua yaitu "Implementasi Merdeka Belajar dan Inovasi Guru dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di kabupaten Dharmasraya” yang disampaikan oleh Trian Abadi Rahman, S.Pd. Para peserta sangat antusias mengikuti seminar ini, seminar berjalan lancar dan di akhir acara peserta yang beruntung mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia. (AS)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *